WANITA CUKURAN? SIAPA TAKUT

Hola Pixies! Hayoh pasti kaget kan, kenapa sih kali ini bahas tentang cukuran buat wanita. Kepo gak? Harus dong ya, karena ini punya banyak banget manfaatnya. Sebelumnya kita tahu banget kalau cukuran itu biasa dilakukan para pria. Tetapi nih ya, makna dari bercukur sendiri itu artinya membersihkan/memotong rambut atau rambut halus menggunakan pisau cukur yang dilakukan oleh sendiri.

Tips Cukuran Untuk Wanita
Wanita Cukuran? Siapa Takut!

Terus, apa sih bedanya cukuran buat wanita dan pria? Sebenernya sama aja sih karena punya maanfaat menghilangkan rambut pada wajah. Biasanya sih kalau untuk pria mereka cukuran rambut di kepala juga. Tapi untuk para ciwi (menurut aku), makna cukuran itu hanya untuk menghilangkan sedikit rambut halus di sekitar kumis, alis, pelipis, kening, dan juga untuk menghilangkan sel kulit mati yang kadang gak terlalu ter-angkut saat kita membersihkan wajah.

đź’–Manfaat Bercukur Bagi Wanita


Sekarang kita bicara tentang manfaat bercukur buat para cewek. Buat aku personally bercukur itu seperti bagian dari rutinitas bulanan. Gak pernah tuh kayaknya aku bercukur lebih dari sekali sebulan. Malah nih ya guys, terkadang aku bisa dua bulan sekali bercukur. Mengingat rambut halus pada wanita itu gak tumbuh secepat para pria. Pokoknya kalau sudah merasa rambut halus kalian tumbuh agak panjang baru dilakukan. 

Berikut ini beberapa manfaat yang aku rasakan dari bercukur :

1. Untuk membuang sel kulit mati yang gak terangkat sama sabun wajah.

2. Juga selain membuat wajah lebih halus karena kita membuang semua rambut halus di     wajah. 

3. Membuat skincare meresap sempurna ke kulit.

4. Membuang sisa residu akibat pemakaian makeup atau skincare secara terus-menerus.

5. Membuat makeup lebih halus dan flawless

6. Membuat tampilan kulit yang glowing meski tanpa bantuan highlighter.

đź’–Langkah-Langkah Bercukur Yang Baik dan Benar


Banyak banget benefit dari rutin bercukur wajah. Tapi selalu diingat untuk memperhatikan beberapa langkah berikut untuk menghindari iritasi kulit akibat bercukur. Dan ada beberapa rekomendasi produk affordable yang bisa kalian coba untuk memulai kegiatan rutin ini.

Berikut ini aku mau kasih lihat kulit aku sebelum melakukan pencukuran. Keliatan banget banyak rambut halus dan sel kulit mati.

Kondisi Kulit Sebelum Bercukur
Sebelum bercukur

Yuk diingat stepnya di bawah ini.

1. Selalu bersihkan/mencuci wajah sebelum memulai. Aku memilih untuk melakukannya sebanyak dua kali atau disebut juga double cleansing. Kalian bisa pakai facial wash/foam yang biasa kalian gunakan.

2. Siapkan pisau cukur bersih atau sudah dibersihkan terlebih dahulu. Pilihlah pisau cukur khusus untuk wanita seperti berikut. Mengapa harus khusus? Karena apabila kita memilih pisau cukur untuk pria, biasanya di ujung pisaunya mengandung gel yang memang diformulasikan khusus untuk mereka. Juga aku kurang resistant dengan tipe pisau cukur pria. Pisau cukur ini sih bisa kalian beli di supermarket atau minimarket gitu.

alat dan produk untuk bercukur
Rekomendasi Produk

3. Oleskan aloe vera gel atau krim moisturizer ke seluruh wajah. Tapi alangkah baik ke sebagian area wajah terlebih dahulu, untuk mencegah krim atau gel mengering. Disini aku pakai "Mamonde Rose Water Soothing Gel".

4. Satu hal lagi yang harus diperhatikan sebelum memulai banget, yaitu perhatikan arah tumbuhnya rambut. Karena kalau kalian kurang perhatian dan asal mencukur takutnya malah menimbulkan iritasi pada kulit.

5. Cukur rambut mulai dari bawah ke arah atas (arah berlawanan tumbuhnya rambut). Gerakan ini dapat langsung mencukur dalam motion teratur. Berikut aku beri contoh pada video. di bawah ini untuk mencukur area wajah selain bagian alis dan kening. Untuk kedua bagian tersebut kalian harus melakukannya ke arah yang berlawanan seperti di bawah. 


6. Setelah beres satu bagian, lalu bersihkan pisau dengan cara mengusapkannya ke permukaan tissue. Kalian akan melihat banyaknya kotoran dan rambut yang terangkat. Trust me, this one is so gross and satisfying at the same time!

hasil bercukur pada sebagian area wajah
Hasil cukuran di area dagu

7. Lakukan sampai sekiranya tidak ada bagian tersisa. Setelah dirasa selesai kalian tinggal cuci lagi dengan sabun wajah.

8. Step terakhir adalah selalu oleskan calming toner/aloe vera toner, moisturizer dan sunscreen setelah bercukur untuk melindungi kulit dari kotoran juga debu plus mencegah iritasi berkelanjutan.

Nah, di bawah ini adalah hasil/result dari cukuran tadi. Klo kalian bisa lihat sel kulit mati yabg tadinya nampak, jadi hilang, dan gak ninggalin reaksi alergi ataupun iritasi.

kondisi wajah setelah bercukur
Ressult dari bercukur

Kunci utama dari bercukur pada wanita ini adalah perhatian dan ketelitian. Dimana mengingat rambut yang tumbuh tersebut tidak terlalu terlihat. Selalu pilih alat dan produk yang digunakan untuk bercukur sesuai kebutuhan kulit. Jangan terlalu terpaku juga pada aturan bahwa kita harus melakukannya sebulan sekali atau lebih.

Biasakan untuk tes alergi atau iritasi pada area pertumbuhan jambang, yaitu antara pipi dan telinga. Kira-kira cobalah bercukur sepanjang 2 cm terlebih dahulu. Diamkan sekitar 24 - 48 jam, kalau terlihat reaksi kemerahan berlanjut, gatal-gatal, atau alergi sebaiknya jangan diteruskan. Apabila terasa tidak ada masalah, barulah kita bisa melanjutkannya. Kalau misal memang merasa hal yang janggal seperti yang aku sebutkan, kalian bisa langsung kompres dengan air hangat.

Nah, aku mau kasih lihat salah satu beauty vlogger yang mempunyai rutin bercukur wajah kayak aku. Dia ini adalah Jaquelline dari Instagramnya @makeupjackyluvv, salah satu sesorang yang aku adore banget karena style makeupnya dan juga beauty hack yang gak biasa. Klik di linknya ya.


đź’–Conclusion


Anyway, sedikit kesimpulan dari aku. Bercukur ini beneran membantu banget kulit kita untuk bernafas. Apalagi kalau kalian terbiasa pakai makeup yang glitz & glam setiap hari. Ya makeupnya yang dempul sana, dempul sini kayak pengantin (ngomongin diri sendiri). Teknik bercukur ini juga banyak di pakai oleh beauty vlogger atau bahkan para makeup artist yang biasa sudah expert banget. Jangan takut untuk mencoba selama kamu melakukan semuanya dengan benar sesuai apa yang sudah aku kasih tahu.

Harapan aku sih apa yang aku tulis ini bisa membantu kalian untuk lebih pede dengan diri sendiri. Aku ngerasain banget dulu sering di bully gara-gara rambut halus di bagian atas bibir itu lumayan thick. Tahu gak, mereka bilang aku itu “si kumis”. Ya ampun sedih banget! Tapi sekarang sih aku sudah glow up. Yang tadinya mengejek malah balik naksir. Duh!! Maaf yah saya sudah ada yang punya (sambil kibas rambut, padahal aslinya jomblo). Hehehe. Intinya jangan lupa untuk menyempatkan waktu dan terus mencoba ya.


So, Girls! Are you ready to shave?!

0 Comments

Please kindly share your thoughts down below. Sorry for the inconvenient, but active link will be remove.
XoXo Bella