MENGENAL ISTILAH CONTOURING DAN CONCEALING

"we're all beautiful, enhance what we we have is necessary"

Hola Pixies! Ciee yang selama karantina di rumah jadi sering masak dan belajar makeup. Eeitss, jangan malu guys, akupun sama kok. Tiap hari ada aja hal baru yang dilakukan. Mulai dari explore resep makanan baru, olahraga baru, aplikasi atau game baru, sampe ilmu baru. Buat kalian tim di rumah aja jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan dan jaga diri agar selalu aktif, jadi gak rebahan melulu. Mending ikut belajar sama aku mengenal istilah contouring dan concealing yuk!

Mengenal Istilah Contouring dan Concealing
Mengenal Istilah Contouring dan Concealing

Girls, contour dan conceal merupakan istilah dalam ber-make up untuk menunjukkan teknik tertentu yang dipakai. Kedua teknik ini menjadi andalan bagi paka makeup enthusiast bahkan sampai makeup artist di seluruh dunia menyukainya. Dalam beberapa tahun terakhir hampir semua wanita pecinta makeup melakukan ini. Tapi apakah kalian mengenal istilah contouring dan concealing ini?

Berikut aku jelaskan ya.

💖Contouring

Contouring
Contouring

Contouring merupakan teknik makeup untuk “memotong” bagian tertentu yang kita diinginkan, atau untuk menonjolkan fitur wajah yang diinginkan. Kalau kalian kurang familiar dengan istilah ini, mungkin kalian lebih mengenal istilah shading.

Beberapa tahun lalu istilah shading sangat booming. Sampai saat ini masih ada banyak kalangan makeup enthusiast yang masih menggunakan istilah ini. Tetapi kalian tau gak sih kalau kedua istilah ini punya teknik yang sedikit berbeda.

Untuk contour atau contouring sendiri cenderung memakai produk yang bertekstur cream. Biasanya diaplikasikan sebelum memakai ataupun setelah foundation. Yang pasti sih sebelum kalian aplikasikan bedak.

Pengaplikasian sebelum foundation akan membuat contour tidak terlalu tegas dan terkesan natural. Tetapi apabila setelah foundation akan terlihat lebih menonjol. Lalu setelahnya set dengan bedak tabur.

Untuk shading ini dilakukan setelah selesai pengaplikasian dasar makeup hingga bedak tabur. Untuk contour bisa disimpan di tulang pipi, tulang rahang, dahi, area bibir, dan hidung. Tetapi untuk untuk shading hanya terfokus pada area hidung dan tulang bawah alis. Karena hanya berfungsi untuk memberikan bayangan saja.

Kalian bisa lihat teknik contouring yang aku pakai. Dan juga titik pengaplikasian contour. Aku menggunakan produk bertekstur cream.

Aku pribadi lebih suka yang teknik contouring dengan menggunakan produk bertekstur powder. Karena aku merasa lebih mudah diaplikasikan, juga terlihat jauh tegas ketimbang pemakaian cream. Tapi balik lagi ke referensi masing-masing sih ya. Kalau kalian ingin lebih soft bisa aplikasikan cream sebelum atau sesudah foundation asalkan sebelum bedak. Kalau kalian ingin lebih tegas bisa lakukan seperti aku. Pokoknya sesuaikan dengan bentuk wajah kalian.

💖Concealing

Concealing

Pada arti sebenarnya concealing berarti menutupi atau menghilangkan. Pada ber-make up pun mempunyai arti yang sama. Apa yang harus ditutupi? Kalau kalian mempunyai wajah mulus macam dewi ya gak mesti menutupi apapun. Tapi mengingat wajah saya terlahir sebagai manusia biasa yang terlahir penuh dengan kekurangan, jadi banyak yang harus ditutupi.

Kantung mata yang nampak sisa semalam begadang nonton netflix marathon sampe mikirin si dia yang bikin PHP. Atau jerawat yang tiba-tiba muncul akibat mikirin wishlist di online shop. Kadang juga bekas jerawat yang malah menghitam akibat dipencet-pencetin. Nah, terakhir warna kulit gak merata dan noda hitam meradang akibat panas-panasan di sawah.

Apa cuma aku yang begitu? Hmm…

Jadi girls, selain untuk menutupi bekas atau noda tadi, teknik conceal ini juga bisa serba guna. Contohnya sebagai highlighting juga lho. Nah, apa tuh highlighting? Jadi teknik satu ini berfungsi untuk mencerahkan area yang kalian ingin tunjukkan. Seperti tengah dahi, tengah hidung, cupid’s bow, dagu, tulang pipi atas, dan tulang bawah alis.

Juga, concealing ini berfungsi untuk merapikan gambar alis dan area bibir setelah penggunaan lipstick. Fungsi lainnya adalah sebagai dasar atau base eyeshadow agar warna eyeshadow lebih mantul. Next tentang eyeshadow ini akan aku jelaskan. Harap bersabar ya.

Untuk concealer ini hanya ada yang bertekstur cream saja ya guys. Berbeda dengan produk untuk contouring yang punya tekstur lain. Dalam memilih concealer ini aku harap kalian berhati-hati sekali. Karena apabila kalian salah memilih justru akan menjadikan makeup terlalu berat, dan warna kulit tidak merata atau malah jadi abu-abu monkey.

Selalu tetapkan undertone (akan ada di cerita selanjutnya) kulit kalian. Pastikan juga kalian memilih shades concealer yang setingkat lebih rendah dari warna kulit. Jangan terlalu muda juga karena akan membuat warna kulit jadi aneh.

Baca juga cerita satu ini dimana aku merapikan bentuk alis dengan concealer.


💖Result

Result Contouring dan Concealing
Result Contouring dan Concealing



Nah setelah mengenal istilah contouring dan concealing pasti kalian pengen tahu dong hasilnya? Kalau kalian lihat di setiap langkah tadi wajah aku mengalami banyak perubahan. Dari mulai tulang rahang yang penuh lemak sampai hidung yang gak terlalu mancung pun berubah.

Nah, bisa dilihat kalau wajah aku langsung berubah. Jadi kelihatan lebih cantik kan aku? Hehehe.

Anyway, jangan lupa untuk mencoba juga ya girls. Sedikit-sedikit dulu aja mulai dari mentupi hal kecil kayak bekas jerawat atau kantong mata. Gak perlu ingin langsung full coverage atau terlalu menutupi. Kalau kulit kalian belum terbiasa dengan makeup berat pasti nanti kulit akan kaget.

Selalu kenali dulu keadaan kulit kalian ya. Dan juga selalu perlakukan kulit kita dengan cinta. Ya kayak kalian mencintai si dia gitu. 

Hmm, udah ya segitu aja kali ini. Semoga bermanfaat buat kalian yang baca ya. Jangan lupa kasih tau juga mamanya, bibinya, kakaknya, atau temannya juga ya.

So, Girls! Ready to be pretty?

Petite Pixie


0 Comments

Please kindly share your thoughts down below. Sorry for the inconvenient, but active link will be remove.
XoXo Bella