KENALAN YUK! UNDERTONE DAN SKINTONE

“Dry your tears, there’s will be rainbow after the storm”

Hola Pixies! Apa kabar kalian nih? Masih semangat menghadapi pandemi yang tak kunjung berakhir ini? Hiks, semoga kalian gak sedih kayak aku kali ini. Aku baru banget putus dari si dia nih gara-gara Covid-19. Huhuhu. Tapi ya, life must go on. Kita makeup-an aja yuk. Tapi sebelum memulai, kita kenalan yuk sama undertone dan skintone

KENALAN YUK! UNDERTONE DAN SKINTONE


So guys, aku yakin sih kalian udah sering banget dengar yang namanya undertone dan skintone ini. Kedua istilah ini pasti familiar di telinga kalian, atau bagi kalian yang suka sama makeup. Tahu gak sih kalian kalau kedua istilah ini punya arti yang berbeda lho, meski sama-sama untuk mengartikan warna kulit.

Kita kenalan sama keduanya yuk!

๐Ÿ’•UNDERTONE ๐Ÿ’•


Jadi, apa sih undertone itu?

Undertone merupakan warna dasar dari kulit yang ditentukan oleh gen kita. Undertone bersifat tetap atau tidak dapat berubah. Baik terkena paparan sinar matahari atau tidak undertone ini bersifat konstant.

Ternyata undertone ini gak cuma satu saja lho. Ada tiga warna dasar dalam undertone. Ada cool, warm, dan neutral. Ketiganya dapat dibedakan dengan melihat perbedaan warna nadi kalian. Berikut penjelasannya.

Undertone Veins
source: jewelryjealousy.com

Cool Undertone : apabila urat nadi kalian berwarna biru atau keunguan artinya cool ini adalah undertone kalian.

Warm Undertone : apabila urat nadi kalian berwarna hijau, warm adalah undertone kalian

Neutral Undertone : apabila urat nadi kalian percampuran antara hijau dan keunguan, neutral adalah undertone kalian.

Cara mengetahuinya seperti apa? Ikuti cara aku di bawah ya!

Cara pertama : Karena nadiku berwarna hijau dan ungu, artinya undertoneku adalah neutral. Yang mana neutral ini mempunyai skintone atau warna kulit cenderung kuning atau ke arah coklat. a bisa di bilang kuning langsat sih ya. Rata-rata orang Indonesia atau para penduduk iklim tropis sbenrnya mempunyai warm undertone dan neutral undetone seperti milikku.

Cara kedua   : Cara lain yang bisa kalian ikuti. Yaitu dengan mencoba perhiasan emas atau silver. Kalau kalian terlihat cocok memakai perhiasan emas berarti warm undertone is totally yours. Kalau kalian terlihat cocok pakai perhiasan perak berarti undertone kalian adalah cool. Tapi kalau kalian cocok dengan keduanya, berarti kalian memiliki neutral undertone.

Aku personally punya undertone neutral 

Terus, skintone itu apa? Di scroll ke bawah ya!

๐Ÿ’•SKINTONE๐Ÿ’•


My Skintone


Dari namanya kalian pasti sudah bisa mengartikan kalau ini adalah warna dari kulit kalian. Skintone itu adalah warna kulit yang terlihat jelas. Seperti putih pucat, sawo matang, dan kuning langsat. Skintone ini dapat berubah sesuai aktivitas kita.

Kayak misal aku yang sawo matang ini. Karena sudah berbulan-bulan work from home, warna kulit jadi terlihat lebih pucat. Atau bisa juga kalau kalian punya kulit yang putih atau kuning langsat menjadi sawo matang karena kebanyakan moyan (read : berjemur) atau mungkin ya karena faktor beraktivitas terus di luar.

Atau faktor lain adalah karena akibat pemakaian skincare dan mungkin juga rangkaian pemutih kulit. Hmm, faktor yang aku sebutkan tadi itu berpengaruh terhadap warna kulit kita. Ya caranya agar kulit kita gak berubah-ubah ya dengan pemakaian sunscreen yang sesuai.

Nah, sekarang kalian bisa lihat ke kulit aku. Pasti kalau kalian ketemu aku akan menyangka kalau aku punya warna kulit sawo matang dan punya warm undertone. Padahal aslinya kulit aku berwarna dasar kuning langsat. Tapi karena aku sukanya panas-panasan, ya jadi gelap kulitnya. Hiks.

Juga jangan kebanyakan moyan atuh guys. Diinget yah, biar gak belang boreleng atau jadi ngageubleg hideung gitu kan. Malu atuh kan sama calon mertua kalau kalian kulitnya beda-beda gitu. Xixixixi. Just joking, ok?

Anyway, gimana kalian udah cukup paham kan sama kedua istilah dalam kulit ini. Semoga sih kalian gak bingung lagi ya dalam menentukannya. Kalau kalian masih bingung, boleh drop di comment. I’ll reply ASAP.

So, girls, ready to be fabulous?

Petite Pixie


0 Comments

Please kindly share your thoughts down below. Sorry for the inconvenient, but active link will be remove.
XoXo Bella