KENALAN YUK! UNDERTONE DAN SKINTONE

“Dry your tears, there’s will be rainbow after the storm”

Hola Pixies! Apa kabar kalian nih? Masih semangat menghadapi pandemi yang tak kunjung berakhir ini? Hiks, semoga kalian gak sedih kayak aku kali ini. Aku baru banget putus dari si dia nih gara-gara Covid-19. Huhuhu. Tapi ya, life must go on. Kita makeup-an aja yuk. Tapi sebelum memulai, kita kenalan yuk sama undertone dan skintone

KENALAN YUK! UNDERTONE DAN SKINTONE


So guys, aku yakin sih kalian udah sering banget dengar yang namanya undertone dan skintone ini. Kedua istilah ini pasti familiar di telinga kalian, atau bagi kalian yang suka sama makeup. Tahu gak sih kalian kalau kedua istilah ini punya arti yang berbeda lho, meski sama-sama untuk mengartikan warna kulit.

Kita kenalan sama keduanya yuk!

๐Ÿ’•UNDERTONE ๐Ÿ’•


Jadi, apa sih undertone itu?

Undertone merupakan warna dasar dari kulit yang ditentukan oleh gen kita. Undertone bersifat tetap atau tidak dapat berubah. Baik terkena paparan sinar matahari atau tidak undertone ini bersifat konstant.

Ternyata undertone ini gak cuma satu saja lho. Ada tiga warna dasar dalam undertone. Ada cool, warm, dan neutral. Ketiganya dapat dibedakan dengan melihat perbedaan warna nadi kalian. Berikut penjelasannya.

Undertone Veins
source: jewelryjealousy.com

Cool Undertone : apabila urat nadi kalian berwarna biru atau keunguan artinya cool ini adalah undertone kalian.

Warm Undertone : apabila urat nadi kalian berwarna hijau, warm adalah undertone kalian

Neutral Undertone : apabila urat nadi kalian percampuran antara hijau dan keunguan, neutral adalah undertone kalian.

Cara mengetahuinya seperti apa? Ikuti cara aku di bawah ya!

Cara pertama : Karena nadiku berwarna hijau dan ungu, artinya undertoneku adalah neutral. Yang mana neutral ini mempunyai skintone atau warna kulit cenderung kuning atau ke arah coklat. a bisa di bilang kuning langsat sih ya. Rata-rata orang Indonesia atau para penduduk iklim tropis sbenrnya mempunyai warm undertone dan neutral undetone seperti milikku.

Cara kedua   : Cara lain yang bisa kalian ikuti. Yaitu dengan mencoba perhiasan emas atau silver. Kalau kalian terlihat cocok memakai perhiasan emas berarti warm undertone is totally yours. Kalau kalian terlihat cocok pakai perhiasan perak berarti undertone kalian adalah cool. Tapi kalau kalian cocok dengan keduanya, berarti kalian memiliki neutral undertone.

Aku personally punya undertone neutral 

Terus, skintone itu apa? Di scroll ke bawah ya!

๐Ÿ’•SKINTONE๐Ÿ’•


My Skintone


Dari namanya kalian pasti sudah bisa mengartikan kalau ini adalah warna dari kulit kalian. Skintone itu adalah warna kulit yang terlihat jelas. Seperti putih pucat, sawo matang, dan kuning langsat. Skintone ini dapat berubah sesuai aktivitas kita.

Kayak misal aku yang sawo matang ini. Karena sudah berbulan-bulan work from home, warna kulit jadi terlihat lebih pucat. Atau bisa juga kalau kalian punya kulit yang putih atau kuning langsat menjadi sawo matang karena kebanyakan moyan (read : berjemur) atau mungkin ya karena faktor beraktivitas terus di luar.

Atau faktor lain adalah karena akibat pemakaian skincare dan mungkin juga rangkaian pemutih kulit. Hmm, faktor yang aku sebutkan tadi itu berpengaruh terhadap warna kulit kita. Ya caranya agar kulit kita gak berubah-ubah ya dengan pemakaian sunscreen yang sesuai.

Nah, sekarang kalian bisa lihat ke kulit aku. Pasti kalau kalian ketemu aku akan menyangka kalau aku punya warna kulit sawo matang dan punya warm undertone. Padahal aslinya kulit aku berwarna dasar kuning langsat. Tapi karena aku sukanya panas-panasan, ya jadi gelap kulitnya. Hiks.

Juga jangan kebanyakan moyan atuh guys. Diinget yah, biar gak belang boreleng atau jadi ngageubleg hideung gitu kan. Malu atuh kan sama calon mertua kalau kalian kulitnya beda-beda gitu. Xixixixi. Just joking, ok?

Anyway, gimana kalian udah cukup paham kan sama kedua istilah dalam kulit ini. Semoga sih kalian gak bingung lagi ya dalam menentukannya. Kalau kalian masih bingung, boleh drop di comment. I’ll reply ASAP.

So, girls, ready to be fabulous?

Petite Pixie


21 Comments

  1. Haloo..Haloo..Apa kabar Zheea, lama ga bersua kita yaa, moga sehat selalu nyaak.
    Hmm, kalo aku undertonenya netral, soalnya perpaduan warna ungu dan ijo.
    Nah kalo skintone kuning langsat juga,
    Hahhaaa ko tahu, kbanyakan berjemur juga nih jadi agak eksotik, belom lagi motor2an yang bikin keling.

    ReplyDelete
  2. jangan-jangan saya di tengah kedua-duanya nih alias neutral, soalnya kalau di tempat pencerahan minim atau gelap urat nandi saya kadang berwarna hijau, sedangkan di tempat yang terang kadang warnanya jadi biru

    ReplyDelete
  3. Hi kak salam kenal, wah terima kasih lho atas ilmu barunya aku juga baru ngeh dan tahu kalo dari urat nadi bisa ketahuan ya skin tone kita. Thank you!

    ReplyDelete
  4. Wah baru kali ini saya mendengar undertone dan skintone. Jika sudah mengetahui undertone, lalu apa fungsinya. Juga untuk skintone, apabila sudah mengetahui apa fungsinya apakah untuk makeup?

    ReplyDelete
  5. Ternyata kulit saya masuk warm undertone
    Selama ini cuma mengira ada kulit netral (sawo matang), putih dan kuning
    He he kudet ya?

    ReplyDelete
  6. Aku baru tau soal undertone, kak. Barusan aku coba cek, undertone aku neutral. Penting banget ya mengetahui undertone dan skintone supaya bisa memilih foundation yang cocok

    ReplyDelete
  7. wahaku selama ini tahunya cuma skintone mbak
    baca ini jadi tahu ttg undertone juga
    terima kasih ya, informasinya menarik dan bermanfaat

    ReplyDelete
  8. Sering denger istilah Undertone dan Skintone ini, tapi baru dapet penjelasan tentang undertone ini dari kamu kak. And yes now i know what’s my undertone, it’s Warm yeay. Thanks kak ;)

    ReplyDelete
  9. Aku Jadi tau skintone aku warm. Dan warna kulit sawo matang. Ternyata ada 3 jenis skintone ya.

    ReplyDelete
  10. Hai Mbak bella,.. aku baru tentang undertone nih. Jadi cek juga urat nadiku, tapi kayaknya aku masuk calm deh. Ternyata ngaruh juga ya sama pilihan make up. Makasih yaa buat informasinya mbak bel..salam kenal

    ReplyDelete
  11. nah bener paling sebel kalau warna kulit jadi belang gegara kepanasan hehehe untunglah ya selama pandemi dirumah aja jadi terlindung deh sama terik sinar matahari

    ReplyDelete
  12. Makasih mbak infonya.
    Sembari baca sembari ngecek urat nadi yang ternyata aya anu hejo dan aya anu ungu.
    Yes, berarti kita sama, neutral.

    Waduh itu masalah belang-belang, aku pisan.
    Walaupun sekarang tinggal di negara dingin, angger weh eta tangan mah belang keneh.

    ReplyDelete
  13. Makasih, Kak. Aku jadi tahu kalau undertone aku cool. Berguna banget nih kalau mau nyari shade foundation

    ReplyDelete
  14. mba zee, thanks ya artikelnya ku jadi tau cara ngecek undertone aku liat warna nadi ya ternyata hihii

    ReplyDelete
  15. Dengan ilustrasi gambar warna undertone dan penjelasan yang padat, lebih mengerti daku kak. Sehingga bisa lebih mantap lagi saat milih warna bedak hehe

    ReplyDelete
  16. Ya Allah mba, seneng jdi tau soal nentuin kulit kita sndiri

    ReplyDelete
  17. setelah membaca artikel ini auto ngeliat kulit tangan. Menerka Saya undertone dan skintone nya apa. Undertone saya warm ternyata. tulisan yang menarik

    ReplyDelete
  18. aku masih bingung nih liat warna urat nadiku, ungu hijau atau biru karena bercampur warnanya ๐Ÿคฆ๐Ÿป‍♀️๐Ÿคฆ๐Ÿป‍♀️

    ReplyDelete
  19. Pernah dengar istilah keduanya. Tapi baru tahu kalo undertone bisa diketahui lewat warna nadi, hehe. Aku warm ternyata

    ReplyDelete
  20. Ow, jadii sama yang waktu itu ketemu saya di kedai kopi itu sudah putus,Zee? semoga dpt yg baru & lbh oke, Zee..ups, maapkan rumpi di sini..
    Anyway, undertone saya warm, tapi kok kalo pake gelang emas, asa teu pantes. huehehe..sementara, skintone saya putih, tapi sudah ga seputih masa kecil sih. Ya iya lahh...
    Nuhun sharingnya,Zee. Wawasan baru buat eike..

    ReplyDelete
  21. Edukatif banget, Zhea. Terdaebak emang :*
    Aku keknya undertone-nya kalau nggak warm atau neutral :D

    ReplyDelete

Please kindly share your thoughts down below. Sorry for the inconvenient, but active link will be remove.
XoXo Bella