PELUANG USAHA GREEN JOBS DI MASA PANDEMI

Hola Pixies! How was your 2021 so far? Aku harap sih kalian masih bisa bertahan di tengah badai pandemi yang mungkin akan berlalu. (Sudah terlalu hopeless, maaf). Ya, life must go on, betul? Kali ini aku mau cerita Peluang Usaha Green Jobs Di Masa Pandemi.

Peluang Usaha Green Jobs Di Masa Pandemi

Sebelum kita mulai, aku mau tanya dong. Apakah diantara kalian ada yang sedang menjadi plants moms or dads?

Pasti jawabannya banyak banget diantara kalian yang menghabiskan waktu untuk hobi yang sedang populer saat ini.

Dengan meningkatnya pasar tanaman masa pandemi ini, bikin aku putar otak untuk menghasilkan cuan lebih untuk si krucil. Ya, meski jumlahnya tidak terlalu besar.

Tapi hal ini tidak menyurutkan semangat membara mencari tambahan untuk uang jajan cilok. Dan juga karena hal ini dapat membantu krucil menghargai nilai suatu pekerjaan dan menikmati hasilnya.

So, peluang usaha apa sih yang sedang aku lakukan ini?

Kepo ya? Hehehe

Kotoran Domba Penghasil Uang Jajan Tambahan


Jadi guys, peluang usaha yang aku lakoni saat ini adalah berjualan kotoran domba!

Eitss, aku gak cuma menjual kotoran domba dengan begitu saja lho. Tapi aku racik sedemikian rupa agar layak pakai sebagai media tanam baik tanaman hias maupun tanaman pertanian.

Untuk saat ini sih aku hanya bisa meracik dan menjual beberapa kantung saja sehari. Ya, kalian tahu lah ya. Kalau kotoran domba itu wanginya ya ampun.

Aku bersyukur banget bisa tinggal di daerah yang subur dan penuh dengan sumber daya alam. Semua komposisi untuk media tanah ini aku dapat dengan gratis. Aku hanya perlu modal plastik pembungkus tanah saja untuk di pasarkan.

Berikut resep tanah berpupuk organik hasil racikan ku.

-Kotoran Domba

Proses Panen Kotoran Domba

Dari beberapa buku yang aku baca, kotoran domba dan kotoran unggas mempunyai unsur N yang baik bagi tanaman apabila diberikan dengan cara yang baik.

Aku biasanya hampir dua hari sekali "memanen" kotoran domba ke kandang domba milik pamanku. Gak langsung aku campur dengan bahan lainnya. Tapi aku biasanya simpan dia di tempat aman dulu selama 2 hingga 3 hari. Untuk menghilangkan asam yang terdapat pada kotoran juga untuk menghilangkan bau tak sedap.

Kotoran domba ini karena saking banyaknya sering menjadi mengganggu ke sekitar. Karena ya baunya sangat menyengat. Dan kadang juga jadi berceceran dimana-dimana. Sedih!

-Gabah Kering

Proses Penjemuran Gabah Kering

Bahan kedua adalah gabah kering sisa penggilingan padi. Aku memutuskan untuk "memanen" dari penggilingan padi yang gak terlalu jauh dari rumah.

Gabah kering ini karena terlalu banyak biasanya dijadikan pakan ternak, dijadikan media tanam, dan yang paling bikin aku kesal adalah kadang ada sebagian yang dibuang ke sungai.

Gabah kering ini biasanya aku aku jemur dulu atau di bakar. Tapi karena aku kurang bisa membakarnya, jadi ya hanya bisa dijemur saja.

-Tanah

Tanah Subur Untuk Media Tanam

Bahan terakhir adalah tanah yang subur dan baik. Karena kalau tanahnya kurang subur, bisa menghambat pertumbuhan tanaman.

Tanah ini aku hanya langsung ambil begitu saja dari kebun milik keluarga. Tanah disini sudah terkenal dengan suburnya. Jadi pas banget dijadikan media tanam.

Untuk pembuatan media tanam dari kotoran domba ini aku hanya cukup mencampur semua bahan menjadi satu. Dengan perbandingan 1:1:1.

Kalau tanya takaran ini darimana, aku cuma bisa jawab ini berdasarkan pengalaman pribadi.

Apabila kotoran terlalu banyak, menyebabkan tanaman akan menjadi kurang subur. Dan ya begitu juga sama dengan bahan lain apabila terlalu banyak.

Setelah di racik, biasanya aku langsung pack ke dalam polybag atau kantong kresek, seberat kira-kira 2kg. Per-kantong dijual sekitar 5 ribu saja. Lumayan banget hasilnya. Setiap hari aku bisa menjual sebanyak 3 hingga 4 kantong tanah ini. Seru sih bisa menghasilkan uang jajan tambahan sembari melestarikan lingkungan.

Tanah hasil racikan

Awalnya, aku gak sadar kalau apa yang aku lakukan ini termasuk ke dalam green jobs. Yang aku tahu sih green jobs itu hanya bergerak di bidang energi terbarukan saja. Hmmm

Setelah ikut Selasa Sharing bareng Komunitas ISB dan Coaction ID, beberapa waktu lalu. Aku jadi makin semangat untuk putar otak apalagi ya yang bisa aku lakukan untuk menghasilkan pendapatan lebih sembari ikut melestarikan lingkungan.

Ada satu kutipan dari sesi tersebut yang ngena banget. Dari Kak Verena Puspawardani selaku Direktur Coaction ID.

"Green jobs merupakan suatu langkah baik itu dari seseorang, lembaga, atau pemerintah untuk melakukan pembangunan sembari melestarikan lingkungan. Apabila dari suatu pembangunan tersebut tidak tercipta suatu hasil baik itu sumber pekerjaan atau sumber pendapatan, maka pembangunan tersebut di katakan gagal."

So far sih, menurutku, aku terbilang berhasil dong ya membantu sedikit pembangunan di negeri kita ini. Ya meski belum banyak tapi aku sudah bisa menghasilkan peluang usaha green jobs di masa pandemi yang menjanjikan. Betul?

Yuk, guys ikutan juga melestarikan alam kita dengan berbuat baik pada bumi. 

Petite Pixie

26 Comments

  1. Akhir ini kan aku lg gemar bertanam nih di rumah dan pake media tanam yg dijual di nursery2 itu... Pantesan baunya ada khas bau kotoran kambing yaakrn emang pakeitu.
    Peluang green jobs emang menjanjikan nih di masa pandemi gini

    ReplyDelete
  2. Wah sudah ikutan bekerja dalam bidang green jobs, bravo. Lingkungan hijau dan lestari jadi tujuan utama green jobs.

    ReplyDelete
  3. Gak pernah terpikirkan soal peluang usaha atau green jobs seperti ini, menanam tumbuhan favorit menjadi salah satu hobby populer di kala pandemi seperti ini, otomatis kebutuhan alat pelengkapnya meningkat pula. ide bagus sekali

    ReplyDelete
  4. Betul mbak green job membuka lap.kerja ya dan banyak peluang Untuk Wina)sebenarya kalau mau ambil saja yang sekiranya sersan..serius santai hehej

    ReplyDelete
  5. Wah keren nih
    Penting banget pupuk campuran untuk urban farming karena tanah di perkotaan Sudah gak sehat
    Butuh pupuk untuk menormalkan kembali

    ReplyDelete
  6. Semoga dengan adanya green jobs ini semakin terbuka lapangan kerjanya untuk para pencari kerja dan menjadi bermanfaat untuk memulihkan lingkungan yang menjadi lebih bersih

    ReplyDelete
  7. bener-bener memanfaatkan lahan dan bahan yang ada.. bonusnya bisa menghasilkan lapangan kerja bagi orang lain. semoga kedepannya green job semakin berkembang di indonesia

    ReplyDelete
  8. Wah, dulu waktu kuliah aku paling seneng pengolahan kotoran hewan menjadi sesuatu yang bermanfaat. Semangat terus,mba!! Berkarya di sektor green job sebentar lagi mulai booming.

    ReplyDelete
  9. Kasihan juga dengan bumi yang sudah semakin menua. Mau tidak mau harus ada lapangan pekerjaan yang sekalian bisa melestarikan alam ya kak

    ReplyDelete
  10. ya sebetulnya kita nggak sadar pernah melakukan atau bahkan terbiasa dengan pekerjaan yang memenuhi syarat green jobs

    ReplyDelete
  11. profesi yg blm familiar di Indonesia namun bgtu familiar di negara-negara maju. Agar qt lebih aware soal lingkungan dan hemat energi, profesi green jobs hrsnya ya,,akan mnjd profesi yg bkn saja menjanjikan ttp bener2 dibutuhkan

    ReplyDelete
  12. Hi kak salam kenal, yah. Wah, aku sering banget dulu bikin pupuk kompos dari kotoran sapi ataupun koran domba. Bahkan bisa dijadikan bisnis juga ya kak. Yes, aku jual tentunya.Lumayan buat uang jajan waktu SD smpe SMP.

    ReplyDelete
  13. Wah keren. ini sih bener2 peluang nyata green jobs. Semoga bisnis "hijau"-nya berjalan lancar dan sukses ya kak. Ramah lingkungan banget. Mungkin pemasarannya bisa coba melalui online juga

    ReplyDelete
  14. wah keren ya Green Jobs ini, nggak hanya bisa menjadi peluang pekerjaan yg menjanjikan, tapi juga berkontribusi buat lingkungan

    ReplyDelete
  15. Selain dapat cuan jadi bisa jadi solusi untuk lingkungan juga ya, Kak. Keren!

    Semoga usahanya makin berkembang ya, Kak. Untuk membantu perekonomian sekitar juga. Semangat!

    ReplyDelete
  16. Keren, mba! Bisa membuat sesuatu yang simple jadi bermakna dan bermanfaat. Green job patut didukung semua pihak ya

    ReplyDelete
  17. Green jobs ini sebenarnya bisa banget kita kembangkan loh di Indonesia, karena potensi alam kita luar biasa, edukasi tentang green jobs sejak dini semoga kelak menarik minat para milennials

    ReplyDelete
  18. Sekarang aku lagi nyoba misahin ampas kopi, Zee, dibiarin beberapa hari terus campur sama tanah jadi pupuk. Sekarang masih uji coba, mudah2an berhasil.

    ReplyDelete
  19. Green job bisa jadi pekerjaan yang bergengsi di masa depan yang banyak di cari banyak orang.

    Tanpa ragu lagi berkata aku kerja sebagai green job

    ReplyDelete
  20. Lanjutkan terus kak, karena kalau dipikirkan peluang green jobs sangat besar dan luas ya, jadi bisa sekaligus juga untuk melestarikan lingkungan

    ReplyDelete
  21. Ternyata green jobs ini banyak ya mba, dan mudah dilakukan. Pokoknya harus menjaga kelestarian lingkungan dengan semua yang kita lakukan.

    ReplyDelete
  22. Hai Mba bella, senang denger ceritanya mbak bella nih ttg pengelolaan kotoran kambing, jadi semacam pupuk ya.

    Aku pernah ngolah pupuk dr kotoran sapi dulu pas kkn. Ya ampun baunya emang ampunilah, tapi keren lho, mbisa memanfaatkan kotoranbjd hal yg manfaat buat alam jg. Cool beans mbak..

    ReplyDelete
  23. Ada banyak lahan green jobs yg gak disadari padahal ada di sekitar kita. Kalo lagi ada di desa, aku tuh merasa lebih peka sm lingkungan. Ada aja gitu ide bagus untuk menciptakan hal2 baru.

    ReplyDelete
  24. Peluang usaha yang green job bisa jadi pilihan bagus nih untuk para pengusaha hari ini. Apalagi anak muda hari ini banyak yang aware dengan lingkungan

    ReplyDelete
  25. Wah salut Mbak! Kreatif, memanfaatkan apa yang disebut "sampah" menjadi berkah dan bernilai guna. Jujur dulu cuma denger denger aja soal kotoran Domba bisa diolah jadi media tanam.

    ReplyDelete
  26. Peluang green jobs ini banyak sekali ya mba. Apalagi di masa pandemi ini banyak yang menanam ya.

    ReplyDelete

Please kindly share your thoughts down below. Sorry for the inconvenient, but active link will be remove.
XoXo Bella