ENERGI BERSIH UNTUK HIDUP NYAMAN DAN AMAN

Hola Pixies! Kalian merasa gak sih, kalau makin hari bumi kita ini makin panas? Udah gitu, bumi makin sesak dengan banyaknya polusi. Bayangin deh, setiap harinya kita disuguhkan oleh limbah uap dari emisi PLTU yang sangat banyak. Padahal kita bisa menggunakan Energi Bersih Untuk Hidup Nyaman dan Aman. Aku cerita ya, dibaca sampai akhir!

Energi Bersih Untuk Hidup Nyaman dan Aman

Aku sempat mendengarkan satu podcast dari KBR Prime bersama beberapa narasumber. Adila Isfandiari (Jurukampanye Iklim dan Energi Greenpeace Indonesia), Gus Roy Murtadho (Pesantren Ekologi Misykat al-Anwar Bogor) dan Amalia Narya (Komunitas Solar Generation).

Tema podcast ini adalah tentang bagaimana kita memanfaatkan energi terbarukan yang nyatanya bukan barang mahal. Lalu pada podcast ini kita ditantang untuk mengikuti challenge Ummah4Earth. Bertema seru Truth or Dare. Dimana kita ditantang untuk meninggalkan kebiasaan lama dan mengadopsi kebiasaan baru.

Menurut Adila Isfandiari (Juru Kampanye Iklim dan Energi Greenpeace Indonesia). “Potensi energi terbarukan begitu besar di indonesia. Totalnya ,mencapai 442 gigawatt atau 7x dari kapasitas listrik yang kita gunakan se-indonesia. Tetapi baru dimanfaatkan sekitar 2% saja. Potensi terbesar adalah energi surya. Yang mana hanya baru dimanfaatkan 0.1% saja. Energi ini memiliki harga yang terus turun secara global. Berkisar 90% dalam tahun terakhir.”

Tak hanya itu ia juga menjelaskan, “Energi angin juga mengalami penurunan dalam 10 tahun terakhir. Apabila dibandingkan dengan harga energi batu bara atau energi fosil, energi tadi cenderung lebih murah”.

Mengapa pemanfaatannya belum maksimal?

Karena, saat ini kebijakan dan dukungan dari pemerintah masih cenderung energi kotor atau energi batubara. Hal ini sangat bertolak belakang dengan rekomendasi global yang menyerukan energi bersih. PBB telah menghimbau pada banyak negara untuk mengurangi atau menutup 80% sumber listrik bertenaga uap batu bara.

Bahkan nanti di tahun 2030 kita harus siap meninggalkan sumber energi kotor. Hal ditujukan untuk mencapai target yang akan dicapai di tahun 2040 yaitu meninggalkan sumber energi kotor. Tetapi indonesia dengan segala kebijakannya akan membangun 39 PLTU baru. Yang kita bicarakan dari pembangunan baru ini adalah jumlah emisi yang sangat banyak. Yaitu, setara dengan emisi 40 juta mobil per tahun. Sementara tanpa pembangunan baru, indonesia sudah ter-emisi setara dengan 90 juta mobil per tahun.

Banyaknya pembangunan PLTU menyebabkan tidak adanya lahan untuk pembangunan pembangkit bertenaga energi terbarukan. Sementara kita ketahui bahwa energi matahari terbilang berlimpah di negara ini. Tak hanya itu, energi ini juga sangat potensial dan murah.

Meski harga untuk pembangunan pembangkit energi terbarukan dengan teknologi mumpuni terbilang mahal. Tetapi hal ini hanya terjadi diawal saja. Seterusnya, biaya lainnya jauh lebih murah ketimbang PLTU dan juga jauh lebih ramah lingkungan.

Energi batubara saat ini masih menjadi unggulan karena dianggap murah. Tetapi, apabila diakumulasikan dengan kerusakan yang dihasilkan dari pembangunannya terbilang menjadi sangat mahal. Coba saja ditelaah bagaimana pembangunan PLTU ini dimulai. Sebelumnya harus merelakan hutan yang begitu kaya untuk di rusak. Lalu, apabila PLTU sudah tidak dipergunakan, sisa-sisanya akan lebih merusak hutan.

Ternyata, dalam islam pun telah disinggung mengenai energi terbarukan ini. Menurut kaidahnya, kita sebagai manusia tidak boleh kerusakan di muka bumi. Bahkan disebutkan juga dalam satu ayat, “bahwa apabila bumi itu rusak pasti akibat/ulah manusiƤ”.

Untuk itu kita sebisa mungkin untuk bertanggung jawab akan apapun yang kita lakukan. Baik itu pada diri kita sendiri, maupun kepada lingkungan. Karena kita tau betul krisis iklim sedang ada di depan mata dan sangat mengancam. Ini menjadikan kita harus bersama-sama baik mulai dari hal kecil di lingkungan kita maupun bersama pemerintah, mari kita jaga bumi ini. Sejatinya pemanasan global merupakan tanggung jawab kita bersama.
-
Nah, pasti bingung kan ya kita mau mulai darimana. Kita bisa mulai nih dari mengikuti games seru bernama Truth or Dare. Pada game ini kita bisa latihan untuk mengadopsi kebiasaan baru dan meninggalkan yang lama. Juga, tentunya jangan hanya berhenti di game saja ya. Sebisa mungkin kita coba aplikasikannya di kehidupan sehari-hari.

Berikut ini link Truth or Dare(click) dimana kalian bisa main gamenya. Kalian juga bisa post hasil keseruan memainkannya ke sosial media dengan mencantumkan hashtag berikut ini. #Dare2gether #ChallangeToAction #Ummah4Earth #KrisisIklim #RamadanSeru.

Sekian cerita kali ini. Semoga bisa menyadarkan kita untuk lebih aware terhadap bumi tempat kita tinggal. Buhbye Pixies!

Petite Pixie


0 Comments

Please kindly share your thoughts down below. Sorry for the inconvenient, but active link will be remove.
XoXo Bella