SERUNYA IKUT PENANAMAN 1000 BIBIT MANGROVE DI PULAU TIDUNG

Hola Pixies! Menjaga kelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab bersama. Karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaganya bukan? Cerita kali ini datang dari kakak-kakak kece yang mewakili Komunitas Bloggercrony. Yang mana mereka turut serta dalam Serunya Ikut Penanaman 1000 Bibit Mangrove di Pulau Tidung. Di baca sampai selesai ya.

SERUNYA IKUT PENANAMAN 1000 BIBIT MANGROVE DI PULAU TIDUNG

Pada tanggal 19 Maret 2022 lalu, kelima orang blogger ini turut andil dalam kegiatan seru ini. Tak hanya itu, kegiatan ini juga diikuti oleh mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor dan tim sukarelawan dari Yayasan Mangrove Indonesia Lestari. Juga aksi ini didukung penuh oleh Pusat Budidaya dan Konservasi Laut Dinas Ketahanan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, BEM FT UI, KAPA UI.

Seperti biasa kegiatan ini dibuka dengan acara pembukaan. Lalu dilanjut dengan perkenalan antar komunitas yang hadir. Kalian bisa bayangin deh pixie, serunya acara ini gimana. Nyesel aku gak bisa ikut, hiks.

Ouh, iya, lalu acara dilanjut dengan perkenalan dan edukasi mengenai manfaat dan jenis mangrove itu sendiri. Ya masa gitu mau sat set sat set tanpa tau bibit bebet bobotnya. Nanti nyesel malah di-ghosting. Eh, maksudku kalau kita gak mengenal dulu kan sayang bibit mangrove nya bisa salah dan akhirnya terbuang.

PENGENALAN DAN PENANAMAN BIBIT MANGROVE

Anyway, ada kak Bayu Pamungkas selaku co-founder dari Yayasan Mangrove Indonesia lestari yang memperkenalkan sekaligus mempresentasikan metode penanaman bibit pada peserta. Setelahnya berkenalan dengan si bibit, peserta turut serta untuk membersihkan sampah di sekitar Pulau Tidung terlebih dahulu.

PROSES PEMUNGUTAN SAMPAH DI SEKITAR PULAU TIDUNG

Tentunya juga dibantu oleh tim kebersihan yang siap bertugas membantu menumpas sampah. Kegiatan ini juga dilakukan untuk mendukung pemerintah untuk melestarikan hutan mangrove. Yang mana mangrove dapat menjaga keseimbangan alam dalam mengantisipasi adanya abrasi dan bencana tsunami di wilayah sepanjang pantai Tidung ini.

PROSES PENANAMAN BIBIT MANGROVE

Di sela acara ada Ketua Divisi Mangrove dan Tanaman Pantai PBKL, Fazhur R. Launuru menyampaikan penanaman pohon mangrove ini bisa menjadi cikal bakal destinasi wisata alam yang indah. Selain adanya pohon bakau, tanaman mangrove juga dapat menambah daya tarik wisata pulau. “Nantinya kita berencana akan memanfaatkan lokasi ini sebagai destinasi wisata mangrove” ujar beliau.

Tak lupa ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh tim yang terlibat secara sukarela untuk mendukung sepenuhnya dalam penyelenggaraan acara Program I Plant Mangrove ini.

Sebelum menutup rangkaian acara Paundra Hanutama menambahkan, "Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, kami berkomitmen menanam bibit mangrove secara rutin di Pulau Tidung. Kami berharap apa yang dilakukan ini dapat menjaga keseimbangan lingkungan dan mengantisipasi adanya bencana lingkungan

Kegiatan penanaman mangrove ini juga sebagai bentuk kontribusi dari Yayasan dalam mendukung ekowisata yang didorong oleh kemenparekraf dengan mengembangkan produksi ekowisata dengan empat dimensi, berbasis alam, mendukung konservasi, berkelanjutan dan memiliki aspek pendidikan lingkungan kepada masyarakat di tiap-tiap lokasi".

Selain turut serta dalam penanaman mangrove. Seluruh peserta dan tim diajak untuk mengikuti kegiatan seru lainnya. Seperti menaiki wahana banana boat yang seru banget sampai makan bersama. Ahh, aku ingin ikutan juga. Semoga nanti setelah vaksin kedua bisa berkesempatan berkunjung kesana.

KESERUAN SELAMA KEGIATAN PENANAMAN BIBIT MANGROVE

Kita sudahi cerita kali ini ya. See you again later. Buhbye Pixies!

Petite Pixie


0 Comments

Please kindly share your thoughts down below. Sorry for the inconvenient, but active link will be remove.
XoXo Bella